Wednesday, March 4, 2015

Cara Mudah Menulis Artikel Bagi Pemula

start writing,cara menulis,cara menulis artikel,cara menulis artikel bagi pemula,
Menulis artikel bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi Anda pemula. Halangan pertama bagi mereka yang ingin memulai menulis biasanya adalah "topik tulisan." Untuk itu agar mudah untuk mulai menulis, maka saya sarankan untuk menuliskan topik yang anda sukai atau sesuatu yang menjadi keseharian Anda. Contohnya adalah saya, karena pekerjaan saya sebagai seorang penulis, editor dan pemimpin redaksi, maka topik yang saya pilih untuk tulis dan bagikan adalah "cara mudah menulis artikel bagi pemula", karena hal ini adalah sesuatu yang saya lakukan setiap hari. 


Menulis adalah seperti anda bercerita kepada seseorang, hanya tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Bukankah saat anda sedang ngobrol dengan seorang teman dan sahabat topik pembicaraan mengalir begitu saja? Hal yang sama bisa diterapkan dalam proses penulisan. Posisikan diri Anda seperti sedang bercerita kepada seorang teman, apa yang Anda ingin sharing-kan kepadanya. Ceritakan dari hati ke hati dengan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan lazim anda gunakan. Jangan terjebak dengan bahasa yang tinggi atau sulit.
Saat mulai menulis, jangan pusingkan struktur, alur ataupun tata bahasa terlebih dahulu. Biarkan ide itu mengalir dan tercurah dalam bentuk tulisan. Karena jika Anda sudah mulai fokus pada struktur, kerangka, alur dan lain sebagainya, biasanya Anda akan menemui jalan buntu atau ide terhenti di tengah jalan. 
Setelah semua ide sudah Anda tuliskan, baru kemudian mulai melakukan editing dimana Anda bisa menambah, mengurangi, memindahkan, membuat alur, dan lain sebagainya. 
Sudah puas dengan tulisan Anda? Jika "ya", mulailah membuat judul yang menarik. Caranya dengan melihat apa yang menjadi fokus utama tulisan Anda, kata yang paling banyak diulang dalam artikel dan susunlah kalimat yang membuat calon pembaca Anda merasa tergelitik dan penasaran. Ingatlah bahwa judul adalah umpan untuk menarik pembaca, jadi buatlah umpan itu semenarik mungkin. 
Nah, mudah bukan? Artikel anda siap di publish dan dibagikan. Anda bisa membagikannya melalui blog, website, forum, sosial media, bahkan media seperti koran atau majalah. Selamat mencoba, dan jika ada pertanyaan, silahkan tulis dalam komentar ya. 

No comments:

Post a Comment