Wednesday, October 15, 2014

Jangan Hanya Berpikir, Menulislah

Penghalang terbesar bagi seorang pemula untuk menulis biasanya adalah terlalu banyak berpikir. Banyak gagasan yang muncul dalam pikiran namun membentur tembok ketika ingin menuangkannya dalam tulisan. Hal ini terjadi karena banyak pertimbangan dan memikirkan bagus atau tidaknya, dan melakukan editing bahkan sebelum ide itu tertuang dalam bentuk tulisan. 


Jangan berpikir bahwa saya sendiri sudah lulus dari ujian yang satu ini, banyak ide saya yang terkubur dan hilang karena terlalu lama berpikir. Yang perlu kita ingat adalah tidak perlu "sempurna" untuk memulai atau membuat langkah pertama. Demikian juga dalam menulis, jangan banyak berpikir dulu, atau mengedit tulisan Anda yang baru beberapa paragraf. Tulis saja dulu sampai semua gagasan dan kata yang muncul dalam pikiran Anda tertuang semua. Masalah tata bahasa, susunan kata, atau bagus tidaknya tulisan tersebut adalah urusan belakangan. Jangan menjalankan dua fungsi yang berbeda pada satu waktu, maksudnya, saat Anda menjadi penulis, jangan berusaha menjadi editor. 

Seorang penulis akan menuangkan idenya, gagasannya hingga terbentuk sebuah artikel, makalah atau buku. Seorang editor yang kemudian akan melanjutkan pekerjaan itu dengan mencermati tata bahasa, susunan kata dan lain sebagainya sehingga karya tersebut bisa dengan enak dinimati konsumen. Jadi, saat kita menulis, singkirkan dulu jiwa editor itu dulu.

Ingatlah bahwa proses menulis bukanlah proses sekali jadi, mungkin setelah kita menuangkan semua ide kita, semua dapat berubah. Ditulis ulang dari sudut pandang yang berbeda, merubah susunan paragrafnya, bahkan mungkin mengembangkan satu kalimat menjadi beberapa paragraf dan seterusnya. Jangan takut untuk melakukan eksplorasi, jadikan menulis menjadi sebuah waktu untuk bereksperimen dan bermain dengan ide dan gagasan. 

Selain itu, jangan takut untuk membuang kata atau kalimat yang tidak perlu. Ingatlah bahwa kadang kesederhanaan adalah emas. Tujuan kita menulis adalah menyampaikan gagasan dan mengharapkan pembaca dapat menangkap gagasan itu dengan mudah dan sederhana. Jika Anda menggunakan kata-kata yang tidak lazim, saya sarankan menyertakan artinya atau paling tidak catatan kaki. Jadi, sudahkah Anda mencoba untuk menulis hari ini? 

1 comment:

  1. Nice artikel!

    Memang saya sendiri kalo sedang menulis artikel, pikiran memang ngambang dan saat menulis seperti yang diuraikan dibawah, multitasking untuk memikirkan ide dan soal editor...Hmmm mantab! Ayo menulis!

    ReplyDelete