Monday, October 13, 2014

Menggali Ide Penulisan, Susah-susah Gampang

Ide adalah ibarat benih, jika kita bisa mengelola ide dengan baik, maka ide itu dapat bertumbuh dan berkembang menjadi besar. Namun banyak masalah dialami berkaitan dengan menemukan ide penulisan. Mulai dari terlalu banyak ide yang muncul, hingga sama sekali tidak ada ide. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Bisakah mulai menulis tanpa ide sama sekali? Jawabannya tentu saja tidak. Kalau tidak punya ide, lalu apa yang akan kita tulis. Tapi mari kita sama-sama belajar untuk mengatasi dua permasalahan di atas terlebih dahulu. 

Terlalu banyak ide 

Ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja, kadang-kadang ada suatu waktu diaman banyak ide bermunculan dan menurut kita itu adalah ide-ide brilian yang bila ditulis dan dikembangkan bisa menjadi sebuah karya yang hebat. Namun karena terlalu asik beralih dari satu ide ke ide yang lain, Anda tiba pada satu titik dimana tidak ada satupun ide yang bisa dituangkan, atau malah kehilangan semua ide itu. Apa yang terjadi?

Seringkali kita terlalu menganggap sepele ide. Kita merasa bahwa otak kita adalah komputer super yang bisa mengingat semua yang kita perlukan. Namun yang terjadi tidak demikian, dalam waktu satu hingga dua jam bahkan beberapa hari, ide itu bisa dengan mudah terlupakan. Jadi langkah pertama yang harus kita lakukan saat mendapatkan ide adalah mencatatnya. Tuliskanlah saja tanpa harus berpikir untuk menyusunnya secara rapi. Jika hanya ada satu kata, catat saja dahulu. Jika perlu, bawalah buku catatan kecil kemanapun Anda pergi. Di jaman modern ini, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan smartphone, mulai dari membuat catatan atau dengan merekamnya dalam bentuk suara. 

Tidak ada ide sama sekali

Pernahkah Anda mengalami saat Anda harus menulis namun tidak ada ide sama sekali? Ya, saya sering mengalaminya. Lalu apa yang harus dilakukan? Inilah saatnya untuk berburu ide. Jika Anda tidak memilikinya di dalam pikiran Anda, temukanlah diluar Anda. Ide bertebaran dimana-mana, menunggu untuk kita temukan. 

Caranya? Ada banyak. Mulai dari membaca buku, koran, atau browsing hingga menonton tv, film atau pertunjukan. Selain itu juga Anda bisa mencari ide dengan berbincang dengan orang lain, melakukan wawancara, atau sekedar menjadi pendengar. 

Mengatasi kebuntuan memang bukanlah hal yang mudah, hal ini membutuhkan kerja keras dan juga disiplin. Jika Anda ingin menulis menjadi jalan hidup Anda apa lagi sumber penghasilan Anda, maka kedua hal tersebut harus menjadi gaya hidup Anda, kerja keras dan disiplin. 

Perlakukan ide dengan benar

Seperti yang saya katakan di awal tulisan ini, ide itu benih atau bisa saya katakan embrio, jika kita tidak perlakukan ide itu dengan baik dan hati-hati, embrio itu bisa mati, seperti seorang wanita yang keguguran bayinya karena tidak berhati-hati menjaga kandungannya. Apa saja yang bisa membunuh ide-ide kita? Nantikan postingan selanjutnya ya.. 

No comments:

Post a Comment